Polda Dukung Penuh Pelarangan Motor

oleh -11.645 views

martinus sitompulJakarta, beritaasatu.com – Dukungan kepolisian terhadap perluasan peraturan pelarangan sepeda motor tidak lepas dari fakta di lapangan yang mengatakan bila terdapat efektivitas sebesar 30% mengurangi tingkat kemacetan untuk ruas jalan MH Thamrin-Medan Merdeka Barat.

Menurut Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Martinus Sitompul hal yang disasar dari peraturan pelarangan sepeda motor adalah meningkatnya kesadaran masyarakat untuk menggunakan transportasi umum.

“Diharapkan di wilayah hukum polda metro jaa ini adanya keinginan masyarakat menggunakan angkutan umum kan itu nanti arahnya, sehingga penggunaan kendaraan pribadi hari libur saja Sabtu-Minggu atau tanggal merah,” kata Martinus di Mapolda Metro Jaya, Kamis 8 Januari 2015.

Martinus mengatakan bila pelarangan sepeda motor yang sedang diujicoba saat ini dianggap efektif mengungari kemacetan, menurutnya seiring dengan berkurangnya simpul-simpul kemacetan berkurang pula potensi penyebab terjadinya kecelakaan.

“Kemacetan sumbang pelanggaran, ketidaksabaran, serobot, ingn mendahului, ingin cepat-cepatan dengan melanggar ketentuan, ini potensi macet menimbulkan pelanggaran, nah pelanggaran menimbulkan kecelakaan,” jelasnya.

Menurut data 2013-2014 terjadi penurunan laka lantas sebesar 8,9% di seluruh wilayah hukum Polda Metro Jaya ini.

 “Pelanggaran ini yang akan kita kurangin, sehingga nanti berdampak pada kecelakaan,” tandasnya.

Comment