Dua Bagian Tes Menanti 194 Pelamar Capim KPK yang Dinyatakan Lolos

oleh -26.078 views
Panitia Seleksi Capim KPK
Panitia Seleksi Capim KPK

Beritaasatu – Dua bagian tes telah disiapkan Panitia Seleksi (Pansel) calon pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) terhadap 194 pelamar yang lolos seleksi awal (administrasi) di kantor Pusdiklat Sekretariat Negara, Jalan Gaharu Nomor 1, Cilandak Barat, Cipete, Jakarta Selatan, hari ini Rabu (8/7/2015).

Dua bagian tes yang dimaksud adalah tes objektivitas dan pembuatan makalah di lokasi selama 4,5 jam.

“Untuk tes objektif waktunya 1,5 jam,” demikian disampaikan Ketua Pansel Capim KPK Destry Damayanti, Rabu (8/7/2015).

Disebutkannya, dalam tes objektif itu akan ada soal multiple choice (pilihan ganda) sebanyak sekitar 70 soal atau pertanyaan tentang pemahaman mereka terhadap KPK secara overall, baik lembaga KPK itu sendiri maupun tupoksinya dan lain-lain yang terkait.

“Setelah menyelesaikan tes pilihan ganda tersebut, para peserta diberi kesempatan istirahat sekitar 1 jam,” katanya.

Dikatakannya, agenda dimulai jam 9 pagi untuk pendaftaran ulang peserta yang hadir. Selanjutnya, tes objektivitas jam 10 dan istirahat 1 jam setelahnya. Selanjutnya mereka akan diminta menuliskan makalah kompetensi di lokasi atau on the spot tentang pemahaman terhadap KPK secara umum, sikap sebagai pimpinan KPK dan visi misi yang akan dilakukannya jika terpilih menjadi pimpinan KPK Jilid IV periode 2015-2019. Para peserta diberi waktu 3 jam untuk menuliskan pemikirannya itu dalam 10 lembar kertas folio yang disiapkan.

“Kami sudah kasih kisi-kisi untuk mereka menyelesaikan tugas makalah tersebut secara outline. Nanti dari kisi-kisi itu mereka bisa mengembangkan sendiri,” ungkapnya.

Selain itu, tambah Destry, 194 pelamar itu diminta membuat makalah deskripsi jati diri, hingga visi dan misi di rumah masing-masing. Dan mereka harus menyerahkan tugas makalah tersebut ke panitia sebelum uji makalah dilaksanakan.

Comment