KPK Diminta Tetap Independen dan Terhindar dari Keputusan Politik

oleh -17.116 views

Melkior Wara Mas

Analis Data dan Informasi

Perhimpunan Indonesia Muda

 

KPK GedungKPK diharapkan tetap pada kewajiban untuk bertindak secara independen, bebas, masuk akal, dan cepat. Jangan sampai salah bertindak dan terhindar dari keputusan politik. Hal terpenting adalah mencocokkan referensi, data, dan informasi tanpa terlalu bergantung pada satu sumber informasi saja.

 

Tanggung jawab utama penuntasan kasus korupsi adalah bekerja sama antar lembaga hukum negara dan rakyat untuk menciptakan strategi, budaya, dan kemampuan yang diperlukan agar tetap lebih profesional. Dengan pertumbuhan kinerja yang tinggi menciptakan suatu momentum budaya anti korupsi. 

 

Institusi negara dapat mendengarkan pandangan berbeda dan tidak membiarkan ego menghalangi jalan dalam membuat keputusan yang tepat. Tetap terbuka pada informasi yang bertentangan atau bahkan menyakitkan untuk mencegah kepuasan dan kepicikan bertindak.

 

KPK pun diharapkan agar lebih cermat dan tidak memutuskan suatu arah tindakan keinginan kelompok, koalisi politik tertentu. Melakukan apa yang benar untuk negara dan rakyat dalam menciptakan fondasi bagi pertumbuhan Pemerintahan yang bersih dan berkesinambungan.

 

Setiap lembaga negara harus memiliki pendekatan yang sistematis untuk memeriksa persoalan. Pemikiran yang disiplin dan keterbukaan terhadap kejutan, menumbuhkan sistem yang sehat sambil menolak untuk menghilangkan semua gangguan.

Comment