Pansel Duga Banyak Pelamar Capim KPK hanya Cari Peruntungan

oleh -15.063 views
Panitia Seleksi Capim KPK
Panitia Seleksi Capim KPK

Beritaasatu – Panitia Seleksi (Pansel) calon pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menyatakan para pelamar Komisioner KPK diduga banyak yang hanya mencari peruntungan lantaran tak memiliki kompetensi yang cukup.

“Pansel KPK akan menetukan sejumlah kriteria dasar untuk menyeleksi pendaftar yang berminat menjadi capim KPK,” demikian disampaikan Ketua Pansel KPK Destry Damayanti, Kamis (2/7/2015).

Lebih lanjut, Destry menyebutkan pansel akan melihat ruang lingkup perusahaan tempat bekerja, area kerja, hingga kelengkapan administrasi. 

“Banyak. Nanti kami bisa lihat dari administrasi dan CV-nya cocok apa enggak. Jadi kamuflase segala macam enggak apa-apa, ada orang yang bilang itu jobseeker, enggak apa-apa,” bebernya.

Setelah waktu pendaftaran ditutup, Pansel KPK akan memverifikasi data para pendaftar. Nama pendaftar yang lolos seleksi administrasi akan diumumkan pada Sabtu (4/7/2015), melalui media massa dan lamanwww.setneg.go.id.

Masyarakat diberi kesempatan untuk menanggapi nama pendaftar yang lolos seleksi administrasi mulai 4 Juli hingga 3 Agustus 2015. Pansel memberikan wadah khusus untuk menampung respons masyarakat melalui laman
www.setneg.go.id.

Setelah itu, para calon pimpinan KPK diwajibkan membuat makalah tentang diri pendaftar dan kompetensi yang dilakukan pada 8 Juli. Hasil tes pembuatan makalah itu akan diumumkan pada 15 Juli.

Pansel akan melakukan asessment kepada para pendaftar pada 27-28 Juli. Pengumuman daftar pendek calon pimpinan KPK akan disampaikan pada 12 Agustus. Tes kesehatan dilakukan pada 18 Agustus. Wawancara 24-27 Agustus. Dan laporan akan disampaikan pansel kepada Presiden Joko Widodo pada 31 Agustus 2015.

Comment