Kerennya Siswa SD Muhammadiyah 5 Jakarta, Jalani Magang Profesi Polri di Polsek Kebayoran Baru!

oleh

Jakarta – Sekolah Dasar (SD) Muhammadiyah 5 Jakarta melaksanakan program magang bagi para siswa di Polsek Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Senin (19/12/2022).

Kegiatan ini merupakan rangkaian dari program kurikulum yang telah disiapkan.

Dalam program magang ini, siswa SD Muhammadiyah 5 Jakarta menjalani beberapa kegiatan mulai dari agenda apel pagi bersama, serah terima hingga pengenalan unit pelayanan di Polsek.

Pengenalan unit pelayanan kepada para siswa ini meliputi Sentra Pelayanan Kepolisian (SPK), Intelkam, Reserse, Satuan Pembinaan Masyarakat (Binmas), Provos, Reserse Narkoba dan lain-lain.

Adapun nama siswa Magang yakni Gendis Regina Khansa Al Basori (kelas 5) dan Bintang Patwaleandro Raksaka Kage (Kelas 5).

Wakil Kepala SD Muhammadiyah 5 Jakarta, Bidang Kurikulum, Manar Imam Muhammadi, M.Pd mengatakan, program ini merupakan rangkaian untuk memberikan pengenalan dasar kepada mengenai tugas dan fungsi profesi Polri.

Dalam kesempatan yang sama, Kanit Binmas Polsek Kebayoran Baru, AKP Heru Fahrian, mengapresiasi dan menyambut positif adanya program magang siswa yang dilakukan SD Muhammadiyah 5 Jakarta.

“Kami apresiasi dan mendukung penuh. Harapan kami adik-adik siswa ini bisa mendapat pencerahan baru yang sangat positif dengan mengenal apa sih tugas dan fungsi Polisi. Tak kenal maka tak sayang, kan begitu,” kata AKP Heru.

AKP Heru menegaskan bahwa, program ini juga bagian dari kerja sama dengan berbagai mitra atau instansi salah satunya yakni SD Muhammadiyah 5 Jakarta.

AKP Heru juga menjelaskan rangkaian kegiatan magang dimulai dari mengikuti apel pagi dan serah terima piket jaga di Polsek Metro Kebayoran Baru, perkenalan dan dijelaskan tentang 5 fungsi utama kepolisian (Lantas, Intel, Reserse, Sabara, Binmas)

“Siswa diperkenalkan kepada para personil Polsek sesuai fungsinya masing-masing,” ujarnya.

Tak hanya itu, siswa diperkenalkan dan dijelaskan mengenai alat-alat kerja yang dipergunakan kepolisian (HT, Senpi, Helm, mobil, borgol, dll) dan diperkenalkan dan dibawa ke ruang kerja kepolisian pada Polsek Metro Kebayoran Baru (Ruang Intel, reserse, binmas, Sabhara, SPKT, Sium, Tahanan).

“Siswa diperkenalkan dan ditunjukan seragam dan atribut kepolisian di Polsek sesuai dengan fungsinya,” sambungnya.

Sementara itu, Ketua Komite SD Muhammadiyah 5 IPDA Imam Basori menyampaikan terima kasihnya kepada Polsek Kebayoran Baru yang sudah menerima kunjungan siswa SD Muma dalam rangka program magang untuk mengetahui tugas-tugas di Kepolisian.

 

“Alhamdulillah program magang hari bisa terlaksana dengan baik untuk profesi Polri. Harapan positifnya anak-anak diberikan pengetahuan tentang tugas-tugas dan fungsi Polisi dan pelayanan terhadap masyarakat,” ungkapnya.

Selain pengetahuan tugas-tugas Kepolisian, pelayanan Kepolisian, norma-norma, lanjut IPDA Imam, Polisi juga mengenalkan lingkungan atau ruang lingkup kerja di Satuan Polsek Kebayoran Baru.

“Sangat bagus program magang siswa ini, sebab bisa dijadikan modal dasar nanti untuk meraih cita-cita mereka kelak dan bisa memberikan manfaat bagi masyarakat,” sebutnya.

IPDA Imam kembali menegaskan, para siswa juga mendapat bekal dengan mempraktikan bagaimana memelihara serta penegakkan hukum untuk memberikan perlindungan, pengayoman dan pelayanan kepada masyarakat.

“Kami berharap dengan serangkaian pengenalan ini, para siswa dapat memiliki pengalaman baru serta ilmu yang bermanfaat bagi siswa itu sendiri dan masyarakat. Hal ini merupakan langkah positif guna memperkuat penamahan dan nasionalisme siswa juga,” tuturnya.

Nampak para siswa juga terlihat sangat antusias saat mengunjungi Polsek Kebayoran Baru. Mereka sangat aktif menanyakan hal-hal yang tidak mereka ketahui tentang tugas-tugas Kepolisian.

“Dengan kegiatan ini diharapkan bisa mendekatkan para siswa dengan sosok Polisi serta bisa mengedukasi anak-anak agar mengetahui tugas peran Polisi di masyarakat
dan juga menumbuhkan cita-cita mereka untuk menjadi orang yang berguna di masa depan,” tutupnya.

Kegiatan magang siswa SD Muhamadiyah 5 Kebayoran Baru dilaksanakan selama 3 Hari, dimulai Senin 19 sd 21 Desember 2022. Kegiatan magang tersebut dalam rangka memfasilitasi dan mengakomodir permintaan sekolah SD Muhammadiyah 5 Kebayoran Baru guna mendukung cita-cita minat dan bakat anak-anak sekolah dasar terhadap suatu profesi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

No More Posts Available.

No more pages to load.