Petisi Tolak Kapolri Tersangka Korupsi Tembus 18 Ribu Tanda Tangan

oleh -19.033 views

petisi tolak kapolriBeritaasatu.com – Hingga Rabu (14/1) pukul 11.00 WIB petisi “Jokowi, Jangan ‘Menutup Mata’, Batalkan Pencalonan Tersangka Korupsi sebagai Kapolri!” yang dibuat Emerson Yuntho di situs Change.org telah mendapat dukungan tanda tangan dari 18.000 pemilik akun email.

Mengutip akun twitter @emerson_yuntho, dalam tiga jam, petisi mendapat dukungan lebih dari 5.000 tanda tangan. Melalui timeline twitternya, Emerson mengatakan, Rabu pagi pukul 8.10 dukungan yang dimulai sejak tanggal 9 Januari lalu itu telah mendapat dukungan 13.909 pemilik akun email.

Dalam petisi yang menargetkan dukungan 25.000 tanda tangan ini, aktivis anti korupsi itu meminta Presiden Jokowi:

  1. Membatalkan pencalonan Komjen Budi Gunawan (tersangka korupsi) sebagai Kapolri dan menarik kembali surat yang disampaikan kepada DPR pada 9 Januari 2015. Penarikan surat ini harus dianggap sebagai bentuk koreksi terhadap langkah Jokowi yang terburu-terburu dalam menetapkan calon tunggal Kapolri.
  2. Melibatkan atau mengundang KPK, PPATK dan Komnas HAM untuk memberikan masukan mengenai rekam jejak para calon Kapolri.
  3. Membuka diri terhadap masukan dari semua pihak termasuk masyarakat dan media mengenai rekam jejak para calon Kapolri.    

Comment