Polri Nyatakan Budi Gunawan Clear and Clean dari Rekening Gendut.

oleh -34.895 views

komjen budi-sutarmanJakarta, beritaasatu.com – Isu rekening gendut tampaknya berhembus kencang dibicarakan jelang pergantian kapolri yang baru pengganti Sutarman yang habis masa jabatanya pada bulan januari ini. Pengganti kapolri baru yang ditunjuk Presiden Joko widodo Komjen Pol Budi Gunawan dinyatakan clear and clean bebas dalam  kepemilikan rekening gendut.

Menurut Kadiv Humas Polri Irjen Ronny F. Sompie mengatakan isu kepemilikan rekening gendut merupakan isu lama yang mendera institusi kepolisian. Tidak saja mendera pada Komjen Budi Gunawan tetapi sederat nama juga pernah disebut seperti Badrodin Haiti, tetapi tidak pernah terbukti, baik memalui KPK maupun  PPATK.

“Enggak ada permasalahan soal rekening gendut, kalau ada  pasti sudah diproses lebih dulu dilingkungan internal Polri. KPK dan PPATK juga tidak pernah menyebut komjen Budi Gunawan bermasalah atas kepemilikan rening gendut, semua sudah clear and clean. Paparnya saat di Temui di Kadiv Humas Mabes Polri Jl Turnojoyo Jakarta (10/1)

Mengenai Laporan Harta Kekayaan pejabat Negara (LHKPN) para petinggi Polri, sudah menjadi kewajiban mereka untuk melaporkan harta kekayaan masing-masing  “Kewajiban dari masing-masing perwira tinggi , apalagi dengan promosi jabatan, ketika menjabat kapolda atau  kapolri itu kan wajib Lapor rutin, laporannya ke KPK,” ucapnya.

Menurut Roony,  pada 2010  PPATK Merilis informasi bahwa  bahwa Budi Gunawan merupakan salah satu dari beberapa jenderal yang diduga memiliki rekening gendut. Daftar nama itu diberikan ke Polri untuk selanjutnya ditelusuri oleh Polri.

Setelah ditelusuri, kata Ronny, hasilnya diserahkan kembali ke PPATK. “Saat itu hasilnya tidak bermasalah. Kalau ada hasil yang mencurigakan, pasti sudah ditindaklanjuti saat itu juga,” ujarnya.

Lanjut Ronny, sosok Komjen Budi Gunawan merupakan sosok yang memiliki jiwa leadership kuat  dalam memimpin institusi kepolisian dan mau mengayomi bawahan.

“Sejak pertama saya kenal beliau, dia orang yang bisa mengayomi bawahan, punya jiwa leadership kuat dan mau bekerja bersama-sama” pungkasnya.

Perlu diketahui Budi Gunawan saat ini merupakan Kepala Lembaga Pendidikan (Kalemdik) Polri yang sudah ditunjuk  Presiden Joko widodo sebagai Kapolri baru pengganti sutarman yang akan memasuki masa pensiun, Jokowi menunujuk Komjen Budi gunawan  dengan nomor  Surat bernomor R-01/Pres/01/2015 ini dibuat tanggal 9 Januari 2014. (Ali)

Comment