Perludem Sampaikan Komitmen Kawal Pemilu 2024 Damai dan Kondusif

oleh
oleh

Jakarta – Perludem merupakan organisasi non government yang memiliki tujuan agar Masyarakat dapat secara efektif turut serta dalam proses Pembangunan negara demokrasi dan melaksanakan pemilu yang adil.

Menjelang Pemilu 2024, banyak informasi yang beredar di sosial media mengenai kegiatan pemilu beserta tahapannya.

Oleh karena itu, Perludem mengadakan acara seminar tentang “hoax pemilu di tiktok” pada hari Selasa, 30 Januari 2024 untuk menambah wawasan Masyarakat mengenai pentingnya kepekaan terhadap kebenaran berita yang beredar.

Perludem juga menerbitkan banyak buku yang salah satunya adalah panduan melawan hoax pemilu. Buku ini diterbitkan berangkat dari banyaknya hoax atau misinformasi yang beredar di media sosial, khususnya di media sosial tiktok.

Dengan membaca buku tersebut Perludem mengharapkan pembaca untuk dapat mengidentifikasi konten hoax pemilu, berpikir kritis, hingga memberikan pemahaman soal pelaporan konten hoax pemilu.

“Dengan adanya buku ini, pengguna tiktok diharapkan dapat mengidentifikasi konten hoax pemilu, mendorong daya berpikir kritis dan memberikan panduan secara teknis cara pelaporan konten hoax pemilu di Tiktok “ kata Direktur Eksekutif Perludem, Khoirunnisa Nur Agustyati.

Khoirunnisa atau akrab disapa Mbak Ninis menjelaskan bahwa permasalahan yang terjadi di masyarakat salah satunya adalah dimana masyarakat merasa kebal akan hoax yang beredar sehingga menyebabkan kurangnya kepekaan masyarakat terhadap berita-berita tersebut.

Dalam seminar yang dilaksanakan tersebut banyak disinggung permasalahan pendidikan dan pengetahuan tentang politik untuk membentuk ekosistem digital yang lebih baik, mendorong masyarakat untuk berpikir kritis dalam menanggapi berbagai informasi-informasi yang beredar, yang harapannya masyarakat Indonesia mampu untuk mendeteksi dan membedakan informasi mana yang valid dan tidak valid.

Mbak Ninis juga menyampaikan “Dengan adanya seminar ini diharapkan Masyarakat dapat memiliki kemampuan untuk menganalis informasi yang didapat, tidak serta merta diterima dengan mentah-mentah.

Dalam pelaksanaan pemilu tahun 2024 ini, pilihan yang diambil oleh setiap orang sudah pasti berbeda dan kondisi politik akan sangat dinamis namun Perludem berkomitmen untuk bersama-sama masyarakat beserta stakeholder terkait membangun pemilu 2024 yang fair, yakni pemilu yang mampu menampung kebebasan rakyat dan menjaga kedaulatan rakyat sehingga tercipta situasi kamtibmas yang tetap kondusif, harmonis di Indonesia.

Mbak Ninis juga menambahkan bahwa Perludem berkomitmen mendukung Polri untuk menciptakan situasi pemilu 2024 yang aman dan damai, semoga hal baik ini ditularkan kepada seluruh elemen masyarakat dengan harapan pemilu 2024 dijadikan pesta rakyat dalam memilih pimpinan dengan mengutamakan persaudaraan sesama anak bangsa.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.