Ikuti Bimtek Program dari Dinsos Provinsi Papua Tengah, Dinsos Kabupaten Deiyai Komitmen Bangun Kesiapan SDM

oleh
oleh

Papua – Papua Tengah adalah salah satu wilayah pemekaran provinsi DOB pada era Otsus Papua Jilid II dari provinsi induk sebelumnya, Provinsi Papua. Telah menjadi produk UU Nomor 15 Tahun 2022 sebagai landasan pembentukan dan pembangunan Provinsi Papua Tengah. Secara wilayah geografis provinsi Papua sangat luas 319 036,05 Km² (BPS 2022). Sehingga untuk memastikan jangkauan/efektivitas pelayanan pemerintah dalam proses pembangunan, maka pemekaran DOB menjadi alternatif untuk mewujudkan pemerataan kesejahteraan masyarakat di Tanah Papua. Namun pemekaran wilayah administrasi ini perlu didukung dengan partisipasi masyarakat dalam peningkatan SDM lokal.

Pada kesempatan ini, selaku sekertaris dinas sosial Kabupaten Deiyai, Mesak Pakage A.Md., SE, mendampingi peserta Bimtek dari Kabupaten Deiyai beserta ketua-ketua kelompok usaha yang didampingi ketua lembaga Dewan Adat Kabupaten Deiyai Frans Mote mengikuti Bimtek yang diselenggarakan oleh pemerintah dinas sosial provinsi Papua Tengah pada 11 – 13 Desember 2023 yang bertempat Hotel Mahafira II Nabire, Provinsi Papua Tengah.

Dalam rangka peningkatan kemampuan/potensi pelaksanaan program bantuan sosial, pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak, provinsi Papua Tengah melaksanakan kegiatan peningkatan kemampuan potensi sumber daya kesejahteraan sosial kelembagaan masyarakat.

Merespon terselenggaranya program Bimtek ini, Sekretaris Dinas Sosial Kabupaten Deiyai Mesak Pakage A.Md., SE, menyampaikan beberapa harapan sebagai saran kepada pemerintah Provinsi Papua Tengah.

“Kita mengharapkan agar program-program Bimtek/pelatihan-pelatihan seperti ini dapat terus diadakan oleh pemerintah provinsi Papua Tengah di setiap daerah Kab/Kota di Papua Tengah setiap tahun. Untuk meningkatkan tata ruang gerak dalam pelaksanaan pembangunan untuk berjalan secara merata. Dan juga kami memahami lewat Bimtek tersebut dalam setiap bidang baik pertanian, peternakan, perikanan, perkebunan dan lainnya untuk mewujudkan sumber kehidupan rakyat yang bisa menikmati hasil potensi kekayaan alam secara merata.” tandasnya.

Ia menegaskan perlunya mendorong peran serta kelompok masyarakat setempat untuk partisipatif bersinergi bersama pemerintah guna mewujudkan terlaksananya program-program pembangunan.

“Hal ini demi kesejahteraan masyarakat Kabupaten Deiyai dan lebih luas lagi provinsi Papua Tengah dan secara umum bagi masyarakat Papua di Tanah Papua.” pungkasnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.