Mini Food Estate RT 15 Kelurahan Klender Panen Perdana, Penuhi Gizi Masyarakat Menuju Bebas Stunting

oleh

JAKARTA – Akhir Tahun 2022 menjadi momen bersejarah bagi RT 15 RW 04 Kelurahan Klender, Jakarta Timur. RT yang bisa dikatakan sebagai pelopor mini food estate di tingkatan RT ini mencetak sejarah dengan melakukan panen perdana bibit lele.

Jumat (30/12/2022) kegiatan Panen dan Penebaran Bibit Budidaya Lele diselengarakan, di Taman Kolaborasi 15, Klender.

Hadir dalam kegiatan tersebut, Kasudin Ketahanan Pangan, Kelautan dan Partanian (KPKP) Kota Administrasi Jakarta Timur, Ali Nurdin; Lurah Klender, Tri Budiyanto; Babinsa dan Bhabinkamtibmas Klender; Kasatlak KPKP Kecamatan Duren Sawit; Perwakilan Poktan Anggur Jakarta Raya (Anjara), Perwakilan Yayasan Bale Buku Jakarta; Ketua RW se-Klender; dan Ketua RT se RW 04.

Lele yang dipanen sebanyak 42 Kg merupakan hasil budidaya mandiri warga RT 15 RW 04 Kelurahan Klender, Jakarta Timur. Selain lele, ada juga sejumlah ikan jenis lain serta buah dan sayuran yang dibudidayakan dengan memanfaatkan lahan di lingkungan RT 15.

Budidaya ikan, buah dan sayuran dalam mini food estate merupakan upaya dari warga RT 15 dalam memenuhi kebutuhan gizi secara mandiri.

Menurut keterangan dari Ketua RT 15 RW 04 Kelurahan Klender, Yanuar Mahendra, mini food estate di wilayahnya sudah dikembangkan dalam kurun waktu delapan bulan ini.

“Untuk lele dan jenis ikan lainnya kita budidayakan dengan menerapkan sistem bioflok, dengan memanfaatkan lahan yang ada dan toren-toren bekas yang didaur ulang. Juga membangun mini food estate untuk membantu memenuhi gizi bagi warga RT 15, ini kaitannya menekan angka stunting” jelas Yanuar.

Menurut Ketua RT yang juga merupakan Anggota Korps Bhayangkara itu, selain ikan lele, telah dibudidayakan juga ikan nila. Diprakirakan bibit ikan nila yang dibudidayakan sebanyak 1.500 ekor.

Budidaya ikan serta food estate dikembangkan dengan secara swadaya melibatkan warga, dengan ilmu seadanya.

Yanuar menerangkan kepada pejabat yang hadir dalam kegiatan tersebut, bahwa food estate dikembangkan oleh warga RT 15 dengan ilmu seadanya.

“Kami gak punya Ilmunya, tapi coba kami kembangkan dengan lahan yang ada, ini semua swadaya warga di sini Pak,” ujarnya.

Pada kesempatan yang sama, Kasudin KPKP Jakarta Timur menyampaikan rasa terimakasih kepada Ketua RT 15 RW 04 Kelurahan Klender, karena telah membantu Sudin KPKP dalam melaksanakan salah satu tugas dan fungsi.

“Tugas pokok kami di Sudin KPKP Jakarta Timur itu ada tiga, subsektor pertanian, kedua subsektor peternakan, dan subsektor perikanan,” terang Ali Nurdin.

Ali Nurdin juga mengatakan, bahwa yang dilakukan oleh warga RT 15 RW 04 Kelurahan Klender merupakan upaya untuk memenuhi gizi warga secara mandiri dalam rangka mengentaskan stunting yang menjadi salah satu program pemerintah baik di tingkat pusat maupun daerah.

Ke depan, Sudin KPKP siap untuk memfasilitasi warga RT 15 RW 04 Kelurahan Klender dalam Pembentuk Kelompok Tani (Poktan) yang Teregistrasi secara Resmi untuk melakukan budidaya pertanian, peternakan dan perikanan.***

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

No More Posts Available.

No more pages to load.