BIN Dibawah Budi Gunawan, Tak Perlu Diragukan Citra dan Kiprahnya

oleh -69 views

JAKARTA – Lembaga Advokasi Kajian Strategis Indonesia (LAKSI) meminta Presiden Jokowi untuk tetap mempertahankan posisi Kepala BIN Budi Gunawan. Pihaknya memberikan pandangan dan Rekomendasi ini sebagai apresiasi kinerja Kepala BIN di bawah komando Budi Gunawan, dan menilai citra dan kiprah BIN sangat cemerlang dan sangat membantu pemerintahan Jokowi.

“Di bawah sosok Budi Gunawan saat ini kami menilai banyak keberhasilan yang telah dihasilkan oleh kepala BIN yang perlu di publikasikan kepada masyarakat, selain untuk memberikan dukungan dan pandangan objektif kami,” ungkap Koordinator LAKSI Azmi Hidzaqi, hari ini.

Lebih lanjut, Azmi mengatakan LAKSI telah mencatat sejumlah keberhasilan terhadap kinerja BIN di bawah Budi Gunawan. Pertama, kata dia, BIN telah berhasil membangun dan bekerjasama dengan Polri dalam mengungkap berbagai kasus kejahatan antara lain terorisme, meskipun ada opini miring yang menyatakan belum maksimal. Namun kondisi keamanan dapat di antisipasi negara, BIN selalu tanggap dalam urusan ini.

“Kinerja jajaran BIN sendiri telah sesuai dengan kompetensinya sebagai alat inteligen negara yang modern,” ujar Azmi.

Kedua, lanjut dia, BIN berhasil melakukan fungsi intelijen dalam melakukan penyelidikan, pengamanan, dalam mengatasi penyebaran berita hoax, aksi teror di Pilpres kemarin. Selain itu, katanya, BIN berperan aktif dalam menjaga negara dari ancaman konflik pada saat Pilpres. Berikutnya, kiprah Kepala BIN Budi Gunawan diakui sangat lihai dalam memediasi pandangan dan perbedaan politik dan mendamaikan konflik di Pilpres maupun gerakan separatis lainnya, sehingga gangguan keamanan dapat dengan mudah di kendalikan.

“Keempat, Budi Gunawan adalah sosok di balik suksesnya diplomasi dalam meredam gerakan kelompok bersenjata dalam memperingati lahirnya gerakan Papua pada tgl 1& 2 Desember 2019 kemaren sehingga aparat keamanan dapat menjaga kondisi Papua menjadi aman,” bebernya.

Poin Kelima, lanjut dia, Kepala BIN Budi Gunawan telah berhasil mendesain pola pengamanan dalam mengawal Pilkada serentak di seluruh Indonesia dengan aman dan lancar. Keenam, katanya, wajah Institusi BIN di bawah komando Budi Gunawan saat ini memiliki kemampuan yang sesuai kompetensinya.

“Lebih jauh lagi, paradigma BIN terhadap demokrasi dan HAM sudah lebih maju lagi,” sambungnya.

Oleh karena itu, katanya, LAKSI mendukung kepemimpinan dan keberhasilan kepala BIN Budi Gunawan yang telah banyak menorehkan keberhasilan dalam menahkodai BIN, serta BIN turut serta menjaga negara dari ancaman paham dan gerakan radikalisme dan terorisme.

“Kami berharap kepala BIN Budi Gunawan dapat terus melanjutkan kepemimpinannya,” pungkasnya.

Comment