Tiga Jenderal Aktif Polisi Lolos Capim KPK Tahap II

oleh -29.653 views

 

Capim-KPK1-441x294Beritaasatu – Panitia Seleksi Calon Pimpinan KPK kembali mengumumkan Daftar Calon Pimpinan KPK yang telah berhasil mengikuti seleksi tahap kedua. Tiga jenderal aktif Polri dinyatakan berhasil lolos untuk masuk seleksi tahap berikutnya.

Tiga jenderal aktif yang lolos pada seleksi ini adalah Irjen Pol Sjahrul Mamma, Irjen Pol Yotje Mende dan Brigjen Pol Basariah Panjaitan.

Panitia Seleksi Calon Pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (Pansel KPK), Selasa (2015/07-14) mengungkapkan bahwa nama-nama yang dinyatakan lolos ini telah dibahas dalam  rapat pleno yang dilakukan pada 11-12 Juli 2015.

Seleksi tahap kedua calon pimpinan KPK ini sendiri berlangsung pada 8 Juli 2015. Terdapat 190 calon yang mengikuti seleksi tahap kedua dari 194 calon yang lolos seleksi tahap pertama.

Para calon pimpinan KPK diberi soal pilihan ganda seputar perundang-undangan yang berkaitan dengan pemberantasan korupsi, UU KPK, serta pengorganisasian lembaga KPK. Tiap calon diberikan waktu 90 menit untuk menyelesaikan soal yang diberikan.

Setelah selesai menjawab soal pilihan ganda, seluruh calon pimpinan KPK diharuskan membuat makalah dengan judul “Permasalahan Korupsi di Indonesia.”

Adapun makalah tersebut harus menjabarkan kondisi dan perkembangan korupsi serta penanggulangannya, tantangan kelembagaan KPK dan hubungannya dengan lembaga penegak hukum lain, serta strategi dan rencana aksi penanggulangan korupsi.

Masing-masing calon diberi waktu tiga jam untuk membuat makalah maksimal 10 halaman dengan tulisan tangan dan dilarang melihat referensi apapun. Seluruh makalah yang dibuat calon pimpinan KPK kemudian kemudian dibaca oleh tim independen dari kalangan akademisi, praktisi, dan pegiat antikorupsi pada 9-10 Juli 2015.

Setiap makalah dibaca oleh tiga orang penilai dari tim independen. Setiap makalah  dihilangkan identitas penulisnya agar penilai makalah bisa obyektif dalam menilai.

Masyarakat juga diberi kesempatan untuk menanggapi atau memberi masukan terkait nama calon pimpinan KPK yang lolos ke tahap selanjutnya hingga 3 Agustus 2015. Ruang untuk memberikan masukan salah satunya dapat melalui www.capimkpk.setneg.go.id.

Pansel akan melakukan asessment kepada calon pimpinan KPK pada 27-28 Juli. Tes kesehatan dilakukan pada 18 Agustus, wawancara pada 24-27 Agustus. Terakhir, Pansel KPK akan melaporkan hasil seleksi kepada Presiden Joko Widodo pada 31 Agustus 2015.[if]

Comment