Staf Khusus BPIP : Momentum Idul Fitri Jadi Pengikat Persatuan & Persaudaraan Menjelang Pesta Demokrasi

oleh
oleh

JAKARTA – Bulan suci Ramadhan dan Idul Fitri mempunyai makna sangat penting tidak hanya bagi bagi umat Islam namun seluruh Masyarakat di Negara Ini . Terlebih lagi, momen Idul Fitri kali ini akan terasa sedikit berbeda di mana kita semua baru saja melewati pandemi COVID-19 dimana segala sesuatu baru saja berangsur pulih. Selain itu, pada tahun depan bangsa Indonesia akan menghadapi pesta demokrasi melalui Pemilu, dimana konflik dan perpecahan terkait pilihan dan identitas akan mengemuka.

Staff Khusus Ketua Dewan Pengarah Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP), Antonius Benny Susetyo menilai Ramadhan dan Idul Fitri memiliki nilai khusus untuk menumbuhkan persaudaraan antara umat beragama di Indonesia.

Hal ini memupuk Persaudaraan dan pengaplikasian nilai Pancasila khususnya persatuan Indonesia itu, antara lain terbukti dalam berbagai tindakan simpel namun bermakna. Seperti mendoakan, memberikan ucapan selamat maupun saling berkunjung dan bersilaturahmi kepada saudara muslim yang saat ini merayakan lebaran.

“Solidaritas dan persaudaraan antarumat beragama harus terus dijaga dan ditumbuhkan, sehingga tercipta kebersamaan yang muaranya adalah rasa saling memiliki dan menjaga satu sama lain,” ujar Benny, Selasa (19/04/2023).

Staf khusus Dewan Pengarah dari badan yang dikepalai oleh Prof. Yudian Wahyudi itu mengajak semua umat beragama untuk saling tolong menolong, berbagi kasih terhadap sesama. Terutama dalam menghadapi tahun Politik 2024 dimana kita semua akan merayakan demokrasi melalui pemilihan umum dan pilkada.

Benny menghimbau agar perbedaan pilihan tidak menyebabkan kita sebagai bangsa tercerai-berai dan janganlah para politisi memanfaatkan politik identitas sebagai kendaraan politik menuju kemenangan. Karena sesungguhnya harga yang dibayar akan lebih tinggi yaitu bangsa ini akan kehilangan persatuan dan kesatuan.

“Idul Fitri adalah momentum kita menjalin persaudaraan sejati di mana momentum itu terwujud dalam silaturahmi yang tidak mengenal batas batas identitas, Silaturahmi tersebut dapat memperkuat rasa persatuan ,kebersamaan dan gotong royong demi terwujudnya persaudaraan bangsa Indonesia yang kokoh,” imbuhnya.

Karena itu, Benny mengingatkan masyarakat untuk menyadari bahwa Idul Fitri adalah momentum bangsa untuk mewujudkan cita cita pendiri bangsa dalam mewujudkan kesejahteraan dan keadilan sosial, dan bangsa Indonesia bisa mewujudkan itu semua dengan bersama mewujudkan nilai persaudaraan yang universal, khususnya menjelang pemilu.

“Agar pesta demokrasi yang berjalan tidak membawa kita ke jurang perpecahan namun memperkokoh rasa kesehatian kita untuk dengan dewasa bersama memilih pemimpin yang bijaksana dan mampu membawa segenap rakyat Indonesia menuju kehidupan berbangsa dan bernegara yang lebih baik.” pungkasnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.