oleh

Aksi di Depan KPU, Mahasiswa Muhammadiyah Ikut Kawal Pemilu Damai

-Politik-219 views

Jakarta Demi menjaga agar proses pemilu 2019 tetap berjalan dengan baik tertib, aliansi Mahasiswa yang tergabung dalam Aliansi Mahasiswa Muhammadiyah Jakarta menggelar aksi dukungan terhadap Komisi Pemilihan Umum (KPU).

Koordinator aksi, Haikal menegaskan bahwa pihaknya akan siap mengawal jalannya pemilu yang sedang dijalankan oleh KPU saat ini sampai seluruh mekanisme dan prosesinya selesai sesuai dengan Undang-undang yang berlaku.

“Kami mahasiswa Muhammadiyah ingin pemilu ini aman dan damai dengan kultur demokrasi yang sehat,” kata Haikal dalam orasinya di depan gedung KPU RI, Menteng, Jakarta Pusat pada hari Kamis (2/5/2019).

Mahasiswa Universitas Hamka itu mengaku sangat mengapresiasi pemilu 2019 saat ini berjalan dengan lancar meskipun memiliki banyak kekurangan. Namun jika melihat azas demokratisnya, ia menilai masih terjaga dan sesuai Pancasila.

“Kita sebagai masyarakat Indonesia bersyukur karena demokrasi yang kita anut selama ini tidak pernah berakhir dengan pertumpahan darah,” ujarnya.

Pun demikian, Haikal menilai masih ada pihak-pihak tertentu ingin merusak demokrasi yang berjalan di Indonesia.

“Demokrasi sejak reformasi yang sudah diperjuangkan abang-abang kita seperti sengaja ingin dikembalikan ke era sebelumnya,” terangnya.

Upaya tersebut dikatakan Haikal adalah dengan upaya mendelegitimasi pemilu dengan menuduh pihak-pihak tertentu curang, seperti halnya KPU, Bawaslu dan beberapa institusi negara lainnya. Bahkan sampai ada yang mendorong wacana gerakan people power yang berpotensi inkonstitusional.

“Kami Mahasiswa Muhammadiyah dengan tegas akan berada di garis terdepan untuk menghalau gerakan yang merusak demokrasi kita,” tegasnya.

Komentar

News Feed