Jelang Pilkada Kaltara 2020, IKAMI Sulsel Nyatakan Siap Jaga Perdamaian

oleh -2.544 views

TARAKAN – Pengurus Ikatan Kekeluargaan Mahasiswa dan pelajar Indonesia Sulawesi Selatan (Ikami Sulsel) Cabang Tarakan, Minggu (1/11), menggelar deklarasi menjelang Pemilihan Gubernur (Pilgub) dan Pemilihan Bupati di empat kabupaten di Kaltara.

“Kami dari Ikami Sulsel juga siap mengawal Pilkada Damai di Provinsi Kalimantan Utara Tahun 2020,” ujar Ketua Ikami Sulsel Cabang Tarakan, Alif Putra Pratama, ditemui Senin (2/11).
Deklarasi dibacakan usai pelantikan pengurus Ikami Sulsel.

Sebagai organisasi kedaerahan di tingkat mahasiswa dan pelajar, kata Alif, pelajar dan mahasiswa punya peran penting dalam menjaga keamanan maupun ketertiban masyarakat.

Ikami Sulsel ini, kata dia, merupakan wadah mahasiswa dan pelajar yang berasal dari Sulsel. “Jadi, diakomodir dalam satu organisasi intelektual, untuk bisa menekan adanya potensi suatu konflik SARA yang ada di Kaltara dan Tarakan,” imbuhnya.

Ada beberapa cara yang dilakukan Ikami, untuk menjaga ketertiban dan keamanan masyarakat dengan melakukan silaturahmi dengan seluruh elemen dan komunitas. Diakuinya, ikatan mahasiswa ini memiliki organisasi sendiri-sendiri di setiap komunitas. Ada Ikatan Mahasiswa Nunukan, Ikatan Mahasiswa Malinau dan lainnya.

Meski ada banyak ikatan mahasiswa, Alif memastikan dalam menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat terutama menjelang Pilkada ini, semua sepakat untuk bersama-sama. Ia pun berharap semua elemen masyarakat bisa tetap mengutamakan untuk menjaga ketertiban, serta menjaga pelaksanaan pilkada berjalan damai.

“Semuanya selalu berkumpul untuk menyatukan pikiran, menekan isu sara yang ada di Kaltara dan lainnya,” tuturnya.

Comment