Pengamat Ajak Generasi Milenial Waspada Doktrin Penentang Pancasila Via Pengajian

oleh -19.692 views

BANDUNG – Direktur Pusat Studi Politik dan Keamanan (PSPK) Universitas Padjadjaran (UNPAD), Muradi, mengatakan bahwa saat ini ancaman generasi milenial adalah sentimen agama dan konsumerisme.

Kaum milenial harus dapat jernih dan faktual menyikapi ancaman tersebut agar tidak terbawa arus negatif yang dinarasikan tersebut.

Muradi mengatakan saat ini ada gerakan hijrah yang salah kaprah dimana orang mudah mengkafirkan orang lain. Hal tersebut dikarenakan belajar dari orang yang salah dan jika itu terjadi sebenarnya bukan belajar agama melainkan terbawa dengan propaganda yang telah dibuat.

“Pengajian dapat dibuat sebagai indoktrinasi yang berujung pada pemahaman yang sempit sehingga dengan mudah dapat mengklaim kafir,” ujar Muradi dalam acara forum diskusi publik yang diselenggarakan oleh Pengurus Pusat Ikatan Mahasiswa Ilmu Komunikasi Indonesia (IMIKI) dengan tema “Milenial dan Propaganda Ideologi” di Bandung, Jawa Barat, Senin (26/8/2019).

Pada kesempatan yang sama, Pengamat Sosial Ekonomi Unpad, Dianta Sembayang, menegaskan bahwa Pancasila merupakan sebuah ideologi yang sudah tidak bisa ditawar lagi.

“Pancasila merupakan ideologi yang dapat menyatukan bangsa Indonesia dan sudah teruji mulai dari pembentukan bangsa ini oleh Founding Father hingga saat ini yang memasuki masa milenial,” kata Dianta.

“Oleh sebab itu, generasi milenial harus tetap merawat dan mengamalkan Pancasila agar Indonesia tetap terjaga,” tutupnya. []

Comment